Bernostalgia bersama "SI ARGO PEUYEUM" - Saat ini ia rutin menelusuri jalur kereta api sepanjang 83 kilometer dengan empat kali perjalanan per hari. Dari Bandung kereta berangkat pukul 07.50 dan 17.00, sedangkan dari Cianjur pukul 05.00 dan 13.00. Argo Peuyeum singgah di stasiun kecil, seperti Tagog Apu, Cipatat, Rajamandala, Ciranjang, Cipeuyeum, dan Selajambe.
Mendengar kereta api argo, bayangan yang muncul biasanya adalah kenyamanan, ketepatan waktu, dan lokomotif relatif baru. Namun, bayangan itu tidak ada pada "Argo Peuyeum", kereta api jurusan Ciroyom-Cianjur.
Nama Argo Peuyeum bukanlah nama pemberian resmi dari PT KIA, namun nama tenar dari pengguna setia yang dulunya memang secara umum digunakan para pedagang peuyeum (tape) dari daerah Cipeuyeum, Ciranjang menuju Bandung. Nama itu melekat hingga kini.
Berbeda dengan kereta argo "resmi" yang mampu mengangkut banyak gerbong, lokomotif berkode BB 30425 ini hanya mampu mengangkut dua gerbong untuk sekitar 600 orang. Alasannya adalah besarnya biaya perawatan lokomotif, minimnya kemampuan lokomotif menarik penumpang lebih dari 600 orang, serta kontur berat menanjak, seperti di Rajamandala-Tagog Apu-Cipatat.
keunikan kereta ini yang cukup masyhur adalah karena sifatnya yang terkadang seperti angkot yang bisa berhenti di mana. Tak perlu turun di stasiun. Cara itu umum dilakukan masyarakat yang mau turun dekat dengan rumahnya. Cukup kontak dengan masinisnya, maka anda bisa turun di tempat kesukaan dengan manis.
Kereta api ini banyak digunakan penumpangnya untuk mengangkut peuyeum (tapai) ke Bandung. Biasanya daerah yang banyak menghasilkan peuyeum adalah Cipeuyeum, Ciranjang, dan Cipatat," kata Rahmat, salah seorang pengguna jasa kereta ini.
Untuk satu kali perjalanan seorang penumpang hanya membayar Rp 1.000-Rp 1.500. Meskipun perjalanan Cianjur-Bandung memakan waktu 2-3 jam, tarif itu lebih murah daripada bus antarkota yang bertarif Rp 20.000-Rp 30.000. Argo Peuyeum bisa berhenti di mana saja untuk mengangkut atau menurunkan penumpang. Dibangun tahun 1884
Lokomotif jenis BB 304 merupakan salah satu jenis kereta api yang sudah jarang digunakan. Lokomotif buatan Krupp, Jerman, ini biasanya dibuat tahun 1960-an. Lebar badan 2.800 milimeter dan tinggi maksimum 3.660 mm. Saat ini mayoritas kereta api di Bandung menggunakan tipe CC.
Selain itu, jalur rel kereta api Ciroyom-Cianjur adalah yang tertua di Jawa Barat. Rel kereta berukuran R33 dengan bantalan kayu ini dibangun tahun 1884. Keberadaannya merupakan bagian dari alur transportasi utama Belanda. Berdasarkan buku Spoorwegstations op Java, rel Cianjur-Ciroyom merupakan bagian dari jalur strategis Batavia-Bekasi-Tjikampek-Padalarang-Bandoeng.
Papierfabriek Padalarang
Stasiun kecil sepanjang jalur ini juga menyimpan sejarah, di antaranya Padalarang (1902) dan Cimahi (1904). Stasiun Padalarang merupakan akses penting bagi Pabrik Kertas Padalarang atau Papierfabriek Padalarang, pabrik kertas pertama di Indonesia, yang didirikan tahun 1922.
Adapun Stasiun Cimahi berperan besar menghubungkan Cimahi dengan kota lain pada masa kolonial Belanda. Saat itu Cimahi merupakan pusat militer Belanda di Indonesia. Wisata alam dalam perjalanan Ciroyom-Cianjur tidak kalah memesona. Setidaknya ada tiga karakteristik pemandangan yang bisa dinikmati.
Perjalanan Stasiun Ciroyom-Padalarang didominasi wilayah perkotaan, lengkap dengan pemandangan kepadatan perumahan. Setelah itu, giliran wisata geologi di Padalarang-Cipatat. Penumpang bisa merasakan sensasi letusan Gunung Sunda, karst Rajamandala yang membentang dari Padalarang hingga Sukabumi, atau akses menuju penemuan manusia prasejarah pertama di Jabar, Goa Pawon.
Pemandangan ketiga adalah jalur Cipatat-Cianjur. Di sini hamparan sawah serta pemandangan Sungai Citarum dan Cisokan menjadi primadona. Menurut Kepala Stasiun Cianjur Iwan GN, wisatawan direkomendasikan datang pada Mei-Agustus. Saat itu padi mulai menguning sehingga membuat pemandangan semakin indah.
"Sayang, jalur Cianjur-Lampegan ditutup karena berpotensi longsor. Padahal, perjalanan kereta api melewati terowongan kuno Lampegan (1882) dan akses menuju kawasan megalitik Gunung Padang," kata Iwan. Menurut Kepala Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan (P-P2Par) Institut Teknologi Bandung Budi Brahmantyo, dengan segala potensi wisata tersebut, sebaiknya jalur Ciroyom-Cianjur diberdayakan.
Rencana ini mulai dibicarakan P-P2Par bersama PT Kereta Api Daerah Operasi II Bandung. Namun, ia mengakui, masih banyak yang harus dibenahi, di antaranya persoalan penyediaan kereta api dan 12 titik rawan longsor di sepanjang jalur itu. Tapi katanya sekarang eeeh malah Siargo peuyeum itu dimatikan pengelolanya. Paraah tidak bisa memanfaatkan kesem
JADWAL KEBERANGKATAN SI ARGO PEUYEUM
Jadwal KA 326 Cianjur – Padalarang
Stasiun | Waktu Kedatangan | Waktu Keberangkatan |
Cianjur | - | 05.00 |
Maleber | Berhenti Sebentar | - |
Tipar | Berhenti Sebentar | - |
Selajambe | Berhenti Sebentar | - |
Ciranjang | 05.24 | - |
Cipeuyeum | 05.36 | - |
Rajamandala | Berhenti Sebentar | - |
Cipatat | 05.58 | - |
Tagogapu | 06.20 | - |
Padalarang | 06.33 | - |
Jadwal KA 327 Padalarang - Cianjur
Stasiun | Waktu Kedatangan | Waktu Keberangkatan |
Padalarang | - | 08.30 |
Tagogapu | 08.41 | - |
Cipatat | 09.30 | - |
Rajamandala | Berhenti Sebentar | - |
Cipeuyeum | 09.25 | - |
Ciranjang | 09.38 | - |
Selajambe | Berhenti Sebentar | - |
Tipar | Berhenti Sebentar | - |
Maleber | Berhenti Sebentar | - |
Cianjur | 10.04 | - |
Jadwal KA 328 Cianjur - Padalarang
Stasiun | Waktu Kedatangan | Waktu Keberangkatan |
Cianjur | - | 11.30 |
Maleber | Berhenti Sebentar | - |
Tipar | Berhenti Sebentar | - |
Selajambe | Berhenti Sebentar | - |
Ciranjang | 11.54 | - |
Cipeuyeum | 12.06 | - |
Rajamandala | Berhenti Sebentar | - |
Cipatat | 12.28 | - |
Tagogapu | 12.50 | - |
Padalarang | 13.03 | - |
Jadwal KA 329 Padalarang - Cianjur
Stasiun | Waktu Kedatangan | Waktu Keberangkatan |
Padalarang | - | 16.30 |
Tagogapu | 16.41 | - |
Cipatat | 17.03 | - |
Rajamandala | Berhenti Sebentar | - |
Cipeuyeum | 17.25 | - |
Ciranjang | 17.38 | - |
Selajambe | Berhenti Sebentar | - |
Tipar | Berhenti Sebentar | - |
Maleber | Berhenti Sebentar | - |
Cianjur | 18.04 | - |
Jadwal KA 326 Cianjur – Padalarang
Stasiun | Waktu Kedatangan | Waktu Keberangkatan |
Cianjur | - | 05.00 |
Maleber | Berhenti Sebentar | - |
Tipar | Berhenti Sebentar | - |
Selajambe | Berhenti Sebentar | - |
Ciranjang | 05.24 | - |
Cipeuyeum | 05.36 | - |
Rajamandala | Berhenti Sebentar | - |
Cipatat | 05.58 | - |
Tagogapu | 06.20 | - |
Padalarang | 06.33 | - |
Jadwal KA 327 Padalarang - Cianjur
Stasiun | Waktu Kedatangan | Waktu Keberangkatan |
Padalarang | - | 08.30 |
Tagogapu | 08.41 | - |
Cipatat | 09.30 | - |
Rajamandala | Berhenti Sebentar | - |
Cipeuyeum | 09.25 | - |
Ciranjang | 09.38 | - |
Selajambe | Berhenti Sebentar | - |
Tipar | Berhenti Sebentar | - |
Maleber | Berhenti Sebentar | - |
Cianjur | 10.04 | - |
Jadwal KA 328 Cianjur - Padalarang
Stasiun | Waktu Kedatangan | Waktu Keberangkatan |
Cianjur | - | 11.30 |
Maleber | Berhenti Sebentar | - |
Tipar | Berhenti Sebentar | - |
Selajambe | Berhenti Sebentar | - |
Ciranjang | 11.54 | - |
Cipeuyeum | 12.06 | - |
Rajamandala | Berhenti Sebentar | - |
Cipatat | 12.28 | - |
Tagogapu | 12.50 | - |
Padalarang | 13.03 | - |
Jadwal KA 329 Padalarang - Cianjur
Stasiun | Waktu Kedatangan | Waktu Keberangkatan |
Padalarang | - | 16.30 |
Tagogapu | 16.41 | - |
Cipatat | 17.03 | - |
Rajamandala | Berhenti Sebentar | - |
Cipeuyeum | 17.25 | - |
Ciranjang | 17.38 | - |
Selajambe | Berhenti Sebentar | - |
Tipar | Berhenti Sebentar | - |
Maleber | Berhenti Sebentar | - |
Cianjur | 18.04 | - |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar